News

PENERIMAAN CALON TAMU AMBALAN ( PCTA ) DEWAN AMBALAN SOEKARNO-FATMAWATI

Salam pramuka !!

Salam sejahtera bagi kita semua

Pada hari Sabtu, 28 September 2019 Pramuka SMK Dirgantara Putra Bangsa melaksanakan kegiatan PCTA ( Penerimaan Calon Tamu Ambalan ) yang diselenggarakan di Kampus SMK Dirgantara Putra Bangsa.Kegiatan PCTA ini diikuti oleh 99 siswa yang terdiri dari 80 sisawa kelas X dan 19 siswa kelas XI selaku Dewan Ambalan. Kegiatan PCTA tersebut dilaksanakan dengan konsep kegiatan outdoor. Dimana kegiatan tersebut dibagi menjadi 4 pos dan diakhiri variasi game. Pada pos pertama yang bertempat di Lapangan Hijau SMK Dirgantara Putra Bangsa untuk menampilkan yel-yel sekaligus persiapan perjalanan dengan jarak 5 km. Pos kedua yang bertempat di Lapangan MUHI para siswa diberikan tugas untuk membuat sebuah dragbar dan mempresentasikan hasilnya. Setelah tugas yang diberikan di pos dua telah selesai, para siswa akan melanjutkan perjalanan menuju Masjid yang telah ditentukan oleh pihak Dewan Ambalan untuk berganti pakaian olahraga kemudian melanjutkan perjalanan ke pos tiga. Pos ketiga berada di Tenis indoor barat RS. Sakinah Idaman, peserta diberikan tugas mengenai Semaphore. Kemudian peserta melanjutkan perjalanan menuju pos empat yang bertempat di pinggir sungai, para peserta diberikan soal-soal yang berisi tentang materi pramuka yang akan menambah wawasan para peserta.

Setelah kegiatan outbond, peserta kembali melanjutkan perjalanan menuju Kampus SMK Dirgantara Putra Bangsa. Sesampainya di Kampus SMK Dirgantara Putra Bangsa para peserta akan langsung mengikuti kegiatan game yang telah disiapkan Dewan Ambalan. Terdapat empat game yang sudah disiapan, seperti : estafet kaos, estafet gambar, jika aku, dan game terakhir adalah jaring laba-laba. Semua game diikuti para peserta dengan semangat

Upacara Penutupan berlangsung khidmat dalam acara penutupan ini terdapat dua perwakilan siswa untuk prosesi pembasuhan yang dibawa oleh pemangku adat kepada Pembina upacara.  Prosesi pembasuhan memakai air dari kendi yang berisi air dan kembang . Kemudian prosesi pemasangan cincin kuning, pin kuning, dan nomor gugus depan dan kemudian para perwakilan mencium bendera merah putih. Prosesi tersebut ditutup dengan dua kali tepuk pramuka oleh seluruh siswa kelas X. Ditandai dengan selesainya prosesi tersebut, maka dinyatakan bahwa seluruh siswa kelas X sudah resmi alih golongan dari penggalang ke penegak.

Dari kegiatan PCTA yang telah dilaksanakan. Para siswa dapat memperoleh wawasan pramuka yang lebih berupa pengenalan adat, prosesi penerimaan adat, dan wawasan pramuka lainnya yang diharapkan dapat menjadikan seluruh siswa SMK Dirgantara Putra Bangsa yang berwawasan luas. berbudi pekerti luhur dan berkarakter serta dapat menjadi contoh yang baik untuk masyarakat.

 

Leave a comment