News

Prestasi Siswi SMK Dirgantara Putra Bangsa terpilih sebagai anggota Paskibraka Provinsi DIY

SMK Dirgantara Putra Bangsa (DPB) berhasil mengirimkan salah satu peserta didiknya bernama Meitha Ambarini Putri menjadi Pasukan Pengibar Bendera pusaka (paskibraka) tahun 2021 tingkat Provinsi DIY. Kepastian tersebut berhasil didapat setelah Meitha (sapaan akrabnya) menerima pengumuman dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY pada Selasa, 13 April. Pencapaian ini merupakan peningkatan prestasi SMK DPB dibidang kepaskibrakaan. SMK DPB dua tahun sebelumnya berhasil mengirimkan peserta didiknya menjadi paskibraka di tingkat Kabupaten Sleman.

Meitha Ambarini Putri

Perjuangan Meitha dalam mengikuti seleksi paskibraka ini tidaklah mudah, apalagi ditengah pandemi Covid-19. Sebelum melaksanakan seleksi di tingkat Provinsi, ia harus terlebih dahulu menjalani seleksi di tingkat Kabupaten Sleman. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan mulai dari seleksi administrasi, kesehatan dan fisik, kesemaptaan, baris-berbaris, dan ujian tertulis. Bagi Meitha, kendala terbesar yang dihadapai adalah ketika mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tertulis. Hal ini dikarenakan Meita bukan penduduk asli Sleman. Meski begitu, ia tetap berusaha dan tak lupa senantiasa mengingat motivasinya menjadi paskibraka. “Saya selalu mengingat prinsip yang utama yaitu membanggakan orangtua, keluarga, dan sekolah”, terang Meitha.

Setelah melalui semua tahapan seleksi di tingkat kabupaten, terpilih 8 pasang peserta didik untuk melanjutkan seleksi di tingkat Provinsi DIY. Pelaksanaan seleksi calon paskibraka Provinsi DIY dilaksanakan melalui karantina pada hari Jumat-Minggu, 9-11 April 2021 di Pondok Pemuda Ambarbinangun, Bantul. Tahapan seleksi di tingkat provinsi sendiri tidak jauh berbeda dengan yang ada di tingkat kabupaten, namun terdapat tambahan seperti psikotes dan wawancara. Setelah menjalani proses karantina dan seleksi, terpilih masing-masing 4 pasang dari setiap kabupaten dan kota untuk menjadi petugas paskibraka di tingkat Provinsi DIY.

Lolosnya Meitha sebagai paskibraka Provinsi DIY menjadi catatan emas yang telah berhasil ditorehkan SMK DPB di usia yang relatif muda. Perstasi tersebut juga membuat bangga seluruh jajaran manajemen dan pengajar di SMK DPB. “Pencapaian tersebut sangat luar biasa karena tahun ini ada siswi kami yang lolos di tingkat provinsi. Pencapaian tersebut pasti tidak terlepas dari usaha dan doa yang selalu dilakukan oleh Meitha. Bimbingan juga selalu diberikan oleh Pembina PBB SMK DPB yaitu Bapak Faruq yang selalu disiplin melatih mempersiapkan tahapan demi tahapan yang akan dijalani”, ungkap Aditya Tito Aji Darmawan, M.Pd, Waka Kesiswaan SMK DPB. Harapannya, prestasi ini dapat kembali terulang pada tahun-tahun yang akan datang. (Faruq Jabbar)

Leave a comment