BERITA

YIA Menjadi Tujuan SMKS Dirgantara Putra Bangsa Mengenal Lingkup Bandara

DPBNEWS, SLEMAN –  SMKS Dirgantara Putra Bangsa dengan kompetensi keahlian usaha perjalanan wisata dan program unggulan airline staff, pramugara/i melaksanakan kunjungan bandara di YIA, Kulon Progo, DIY pada Selasa-Kamis (26-28/10/2021). SMKS Dirgantara Putra Bangsa, atau yang biasa dikenal dengan nama SMKS DIPABA, memilih bandara YIA sebagai bandara tujuan dikarenakan jaraknya yang tidak terlalu jauh dari sekolah mereka berada, tepatnya di Blunyah Gede, Sinduadi, Mlati, Sleman.

Siswa tiba di lobby kedatangan YIA sebelah barat, Selasa (26/10/2021). (Foto:istimewa/SMKDPB)

“Kunjungan Bandara ini dilaksanakan untuk kelas X khususnya tentang lingkup bandara saja, sebab di kelas X memang pelajaran kejuruan tentang kebandar udaraan maupun pelayanannya belum terlalu mendetail seperti ketika mereka kelas XI maupun kelas XII nanti.” Ujar Wakil Kepala Sekolah Bagian Kejuruan, Aditya Tito Aji Darmawan, M.Pd., saat mendampingi siswa kelas XA di gudang Cargo YIA, Selasa (26/10/2021).

Lanjutnya, bagian cargo ini juga merupakan bagian yang penting dalam usaha jasa penerbangan yang wajib peserta didik di SMKS DIPABA untuk ketahui. Walaupun baru pengenalan proses masuk, keluar dan tempat pengelompokan Cargo, harapannya peserta didik sudah memiliki gambaran bagaimana kegiatan basic cargo, mata pelajaran yang akan mereka terima dikelas XI nanti.

Wilayah YIA yang menjadi tempat kunjungan bandara SMK DIPABA diantaranya adalah lobby keberangkatan lantai dua bagian barat, check-in area, screenning check point area,waiting room area remote gate empat dan lima, apron, service road, stoped area, ARFF area, make up area, baggage claim area, dan terakhir adalah arrival hall area. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari untuk 120 peserta didik dan 19 guru pendamping dengan syarat sudah melakukan vaksinasi covid minimal dosis pertama atau dengan menggunakan hasil swab satu hari sebelum kunjungan bandara.

120 peserta didik yang ikut, terbagi atas 38 orang dari kelas X dan 82 orang dari kelas XI. Menurut infomasi yang kami peroleh, kelas XI diikutsertakan pada tahun ini. Hal ini dikarenakan, tahun lalu covid-19 masih mewabah, sehingga kelas XI baru dapat melaksanakan kunjungan bandara pada kesempatan kali ini.

“Kunjungan bandara juga bertujuan untuk memberi pengalaman kepada peserta didik untuk bisa mengenal lebih dalam terkait aktivitas di bandar udara. Serta dapat memotivasi untuk bekerja di dunia penerbangan yang nantinya juga sejalan dengan kompetensi keahlian di SMKS Dirgantara Putra Bangsa.” Ujar Wakil Kepala Sekolah Bagian Kejuruan, Aditya Tito Aji Darmawan, M.Pd., saat kami hubungi melalui aplikasi whatsapp, Kamis (28/10/2021).

Peserta didik SMKS DIPABA tampak antusias ketika melakukan kunjungan badara. Tiga pertanyaan tantangan yang diberikan pihak ARFF area pada hari pertama kunjungan, dilibas habis oleh peserta didik. Diantaranya adalah Aveline arva beverly, Fahrizal Proklamadika, dan Muhammad Daffa Rizki. Hal tersebut meyakinkan para guru pendamping, bahwa selama kegiatan kunjungan badara, peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh pihak bandara.

Mendengarkan penjelasan petugas ARFF YIA, Selasa (26/10/2021). (Foto:istimewa/SMKDPB)

Ketika ditanya terkait dengan kesan dan pesan selama kunjungan bandara kepada peserta didik, “Sangat seru kunjungan bandara kemarin, dengan kunjungan tersebut saya mendapatkan banyak pengetahuan baru. Membuat saya lebih bersemangat untuk belajar dunia pariwisata dan tidak mudah menyerah.” Ucap Alya Anisa Dewi, salah satu peserta didik SMKS DIPABA dari Merangin, Jambi, Sumatra, pada Kamis (28/10/2021).

Leave a comment